Senin, 02 Februari 2009

profesi paling mulia

Kalau kalian semua bertanya kepada saya, profesi apa yang paling mulia? Saya akan sangat tegas menjawab bahwa seorang pendidik terutama seorang guru adalah profesi yang sangat amat mulia. Takkan ada profesi lainnya apabila tidak ada seorang guru. Karena dari seorang guru lah kita memulai langkah awal kita dalam dunia pengetahuan. Dunia yang membawa kita pada kesuksesan. Dunia yang membuka mata kita dari ketidaktahuan, kebutaan akan ilmu.
Belakangan ini saya terus memikirkan betapa banyak jasa-jasa yang telah diberikan oleh mereka, namun harga yang dibayar untuk jasa mereka terkadang sangat mengenaskan. Saya benar-benar prihatin akan nasib guru di Indonesia. Padahal dulu waktu kecil bahkan sampai seminggu yang lalu, tidak pernah sekalipun terpikirkan dalam benak saya untuk menjadi seorang guru. Namun mendengar banyak cerita, kisah, pengalaman dari guru-guru saya tentang anak didik mereka, apalagi anak didik yang telah sukses dan wajah mereka berseri-seri saat menceritakan anak didiknya membuat saya terharu. Dari situ saya bisa melihat bahwa kebahagian dan kepuasan seorang guru sejatinya bukanlah materi yang mereka terima melainkan cerita serta kisah saat mengetahui kesuksesan anak didiknya.
Dan saya baru benar-benar sadar bahwa guru memang benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa. Dan untuk pertama kalinya terlintas dalam benak saya bahwa saya ingin berprofesi menjadi seorang guru, pengajar yang membuka jalan kesuksesan untuk anak didik saya nantinya. Yang memberi mereka inspirasi dan cerita, yang mendorong mereka untuk mengubah dunia, memperbaiki bangsa, mencerdaskan bangsa, yang mencetak anak didiknya menjadi seseorang yang berguna.
Ah…betapa mulia tugas seorang guru. Andai mereka dihargai lebih banyak, namun saya yakin seyakin-yakinnya walaupun penghargaan untuk mereka di dunia ini tidak seberapa, tapi kelak di akhirat Allah akan memberikan pahala yang tak ternilai harganya.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar